√ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya - BangOpit ID
Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya

Para gamer biasanya pernah mengalami berbagai macam hal yang mengesalkan dalam memainkan game di komputer. Mulai dari hang, crash, dll. Namun, apa kamu tahu apa itu Screen Tearing?

Pengertian Screen Tearing

Screen Tearing adalah keadaan dimana gambar yang ditampilkan tampak seperti terpotong-potong. Tentunya hal ini sangat menyebalkan bukan, sebab, membuat aktivitas nge-Game kita akan terganggu dan membuat gambar tidak nyaman untuk dilihat apalagi untuk game dengan tempo permainan yang cepat.

Penyebab Screen Tearing

Screen tearing terjadi ketika monitor dipaksa menampilkan FPS (jumlah gambar yang ditampilkan per detik) diluar batas refresh ratenya, dikarenakan GPU merender gambar yang terlalu banyak sehingga monitor yang dipaksa menampilkan FPS diatas kemampuan refresh rate-nya. Monitor akhirnya menampilkan gambar yang tidak utuh dalam 1 frame dengan resolusi yang sama dengan monitornya, namun menampilkan tiap gambar yang memiliki gap render yang cukup jauh dari GPU dalam 1 frame penuh yang tentu akan menghasilkan efek terpotong-potong, karena memang monitor mencoba menyingkat frame berlebih itu dalam jangkauan refresh ratenya.

Cara Mengatasi Screen Tearing

1. Pertama
Mengatasi screen tearing sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan membatasi jumlah frame yang di render GPU agar tidak meluber dari jumlah refresh rate monitor.  Yaitu dengan memakai software Vsync. Vsync bekerja dengan memerintahkan GPU untuk tetap konsisten merender frame dalam jangkauan layar, misalnya jika monitor memiliki refresh rate 50hz, maka GPU akan dikunci untuk merender 50 frame per detik secara konsisten.

Namun, cara ini memiliki kelemahan yaitu dapat menyebabkan stuttering dimana gambar yang ditampilkan sejenak terhenti jika GPU tiba-tiba hanya mampu dibawah jumlah yang ditetapkan oleh vsync.

2. Kedua
Cara yang kedua adalah dengan mengaktifkan fitur freeync yang banyak tersedia di monitor gaming. Fitur freesync ini lebih efektif mengurangi screen tearing dan stuttering. Hanya saja, fitur itu hanya tersedia untuk monitor yang sudah di mendukung fitur tersebut yang berarti tidak semua monitor memiliki fitur freesync.

3. Ketiga
Cara terakhir adalah dengan membatasi jumlah frame yang di render secara manual dengan mengakses console dari game yang di mainkan dan memasukan kode tertentu agar GPU hanya merender jumlah maksimum frame yang ditentukan saja.

Namun, perlu di ingat tidak semua game menyediakan console untuk memasukan perintah membatasi jumlah frame yang di render.

Kesimpulan

Screen Tearing adalah masalah pada pemrosesan gambar oleh monitor komputer ketika refresh rate monitor terlambat untuk menyesuaikan refresh rate kartu grafis. Mengatasi Screen Tearing bisa dilakukan dengan cara memakai software vsync, mengaktifkan fitur freeync, dan yang terakhir dengan membatasi jumlah frame yang di render secara manual di console.


Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel saya tentang Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya. Sampai Jumpa!
Buka Komentar
Tutup Komentar

5 Komentar untuk "Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya"

  1. Ohh jd seperti itu yaa cara mengatasinya, penjelsan yg mudah dimengerti:)

    BalasHapus
  2. Oh jadi gitu ya mas caranya cukup simple dan tidak ribet makasih mas infonya

    BalasHapus
  3. Sepertinya cara ketiga yang paling minim resiko ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali gan, namun tidak semua game menyediakan console

      Hapus

Peraturan Berkomentar
1. Jangan menggunakan kata-kata kotor dan kasar
2. Jangan menyertakan link dalam berkomentar
3. Jangan membahas keluar topik, jika keluar topik sebaiknya gunakan Contant Form yang disediakan

Iklan atas artikel

Iklan tengah artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan bawah artikel