Cara Membuat Watermark Otomatis pada Gambar di Blog

Watermark adalah sebuah tanda yang kita pakai untuk menandai sebuah gambar maupun video. Watermark biasa terdapat pada gambar maupun video yang ditandai dengan text maupun logo sebuah perusahaan pemilik hak cipta.

Dalam proses pembuataannya, watermark ini dibuat secara manual, namun, pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu cara membuat watermark secara otomatis.

Dengan adanya cara ini tentunya akan sangat membantu, karena tidak perlu harus mengedit gambar satu persatu, apalagi jika gambar dalam jumlah banyak, pasti akan sangat mengesalkan.

Namun, perlu diingat tutorial ini hanya untuk blog non-AMP dan watermark pada tutorial ini hanya akan terlihat jika gambar dilihat melalui blog saja, artinya jika kamu mendownload gambar tersebut, watermarknya tidak akan terlihat.
Cara membuat watermark otomatis pada gambar di blogger ini terbilang mudah, kamu hanya perlu copy paste kode yang ada di bawah ini.

Cara Membuat Watermark Otomatis pada Gambar di Blog

1. Buka dashboard blogger kamu.
2. Pilih menu Tema > Edit HTML.
3. Tempel kode berikut di antara <style> dan </style>.
.separator{position:relative}.separator::before{content:"BangOpit ID";color:#fff;font-size:12px;font-weight:bold;position:absolute;right:0px;bottom:8px;border:1px solid #3a3a3a;border-top-left-radius: 10px;;background-color:#3a3a3a;padding:4px;opacity:.8;height:14px;line-height:14px}
Jangan lupa untuk mengganti BangOpit ID dengan nama blog kamu.
4. Simpan Tema dan lihat hasil gambar yang sudah ada watermarknya.