Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog Untuk Pemula

Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog Untuk Pemula


Tips-Persiapan-Sebelum-Membuat-Blog-Untuk-Pemula

Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog Untuk Pemula - Membuat Blog memang sangat mudah namun belum tentu blog itu berkualitas dan bermanfaat bagi banya orang, membuat blog yang di sukai banyak pengunjung adalah hal yang penting.

Jika anda ingin membuat blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi banyak orang simak saja poin poin penting di bawah ini sebelum membuat blog. Tapi sebelumnya anda harus tau sedikit tentang apa itu blog?

Apa Itu Blog?

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang  dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web. Situs web seperti ini dapat diakses oleh semua pengguna Internet di dunia sesuai dengan topik dan tujuannya yang di cari oleh user. Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok user yang disebut blogger.

Apa Itu Blogger?

Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di suatu blog (blog pribadi atau blog orang lain). Blogger juga bukan hanya sebutan orang sebagai penulis blog namun Blogger juga Platform Blogging yang di sediakan olah Google, yaitu Blogger.com dengan subdomain gratis .blogspot.com

Bagaiaman Cara Membuat Blog dan Menjadi Seorang Blogger?

Banyak orang yang terobsesi menjadi blogger sukses dan mendapatkan banyak tunai, ya memang bukan hal yang mustahi mendapatkan tunai ratusan juta di suatu blog karena sudah banyak yang membuktikanya.

Namun untuk mendapatkan itu semua kembali lagi kepada anda apakan anda sanggup mengelola blog yang berkualitas  dan bermanfaat bagi banyak orang.

Oleh karena itu mimin mau kasih tips persiapan sebelum membuat blog untuk pemula yang ingin belajar dan membuat blog dari nol.

Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog

Berikut adalah beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum membuat blog:

1. Baca Tentang Blogger

Banyak hal  yang berkaitan dengan blogger seperti membuat artikel berkualitas, Teknik SEO one-page dan SEO off-page, memilih template (Tema) yang berkualitas dan lain lain.

Dari sekolah dasar anda sudah belajar membaca jadi manfaatkan untuk hal yang positif, Oke...

2. Pilih Platform Blogging

Platform untuk Blogging itu banyak namun untuk pemula mimin kasih saran gunakan aja Platform blogger.com karena mudah di pahamu untuk yang baru belajar blog.

Selain mudah di pahami anda juga akan memiliki banyak bantuan karena banyak juga yang menggunkan blogger.com dan di Google juga banyak tutorialnya.

3. Pilih Topik Pembahasan

Pilih lah topik pembahasan blog anda dengan hal yang anda sukai, maksudnya?, jadi gini! Jika anda suka dengan Game buat lah blog yang memahas semutar dunia Game.

Jangan memaksakan untuk membahas topik lain dulu karena tujuan pertama kita agar mudah adaptasi dengan dunia blog.

4. Pilih Nama Domain

Memilih dan menentukan nama blog atau nama domain juga di perhatikan, biasanya orang yang baru belajar ngeblog atau baru membuat blog biasanya bingung untuk menentukan nama domain dan akhirnya asal asalan ngasih nama.

Jadi tentukan nama domain blog anda sebelum membuat blog agar tidak menyesal nantinya, walaupun mengganti nama domain atau nama blog itu mudah namun harus anda ketahui juga jika serting mengganti nama domain itu berakhibat buruk terhadap artikel yang sudah dindex Google.

Baca Juga: 8 Tips Memilih dan Menentukan Nama Domain Untuk Blog.

5. Buat Artikel Dulu

Hal yang tidak kalah penting selanjunya adalah membuat artikel dulu sebelum membuat blog.

Buat lah artikel 20 sampai 30 artikel lebih banyak lebih bagus sih tulis artikel yang berkualitas (bermanfaat), tujuan membuat artikel sebelum membuat blog agar kita tidak bingung jika sudah membuat blog.

Karena biasnya pemula membuat blog dan bingung untuk mengisi konten apa, nah mimin kasih saran lebih baik buat artikel dulu yang bermanfaat sebelum membuat blog, pastika artikel satu topik yang sama jangan beda beda dulu dan postingnya jangan sekaligus tapi satu hari satu sampai 3 artikel saja.

6. Memilih Template (Tema)

Template atau Tema blog juga harus ditentukan jangan sampai juga anda membuat blog terus gonta ganti template akhirnya tujuan ngblog anda mentok karena uman coba coba template aja. Gunakan template yang masuk kriteria di bawah ini:

  • SEO Friendly
  • Fast Loading
  • Responsive
  • Mobile-friendly

7. Tentukan Media Sosial untuk Promosi Artikel atau Blog

Nah menentukan media sosial untuk mempromosikan artikel atau blog anda juga penting.

Pilih salah satu media sosial untuk promosi, Nah kenapa harus salah satu? Agar lebih maksimal atau fokus satu tujuan pilih salah satu media sosial saja agar tidak ribet promosi sana sini.

Pilih salah satu media sosial yang populer seperti facebook, twitter, youtube, instagram dan lain lain.

8. Membuat Blog

Nah jika sudah mempersiapkan 7 poin penting di atas segera lah membuat blog, untuk tutorial membuat blog lengkap untuk pemula silahkan kunjungi link dibawah.

Baca Juga: Panduan Membuat Blog Untuk Pemula.

6 komentar

  1. Penjelasannya sangat mudah di mengerti dan detail sekali bagi kita untuk mulai belajar blogger, lalu memudahkan kita dengan tahapan yg di berikan.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Saya ingin bertanya tentang poin ini "mengganti nama domain itu berakhibat buruk terhadap artikel yang sudah dindex Google". Bisa dijelaskan lebih lanjut akan hal ini? Dan apakah ada pengaruhnya dengan posisi artikel yang sudah kita buat pada mesin pencari.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, maksudnya ialah, jika sering mengganti nama domain itu buruk terhadap artikel yang sudah dindex Google, karena jika domain sebelumnya tidak di arahkan ke domain baru akan menyebabkan error dan mungkin dianggap copy paste artikel orang oleh Google.

      Hapus
  3. owh jadi begitu yah ..
    panduannya bermanfaat banget nih,.. jadi semangat aq membangun rumah sederhana ku di disini.

    BalasHapus
  4. Menurut saya, ada hal penting yang tidak tertulis disini Bang, terkait Persiapan Mental. Membuat dan menjadi seorang blogger harus memiliki mental yang kuat, apalagi jika ingin mendapatkan penghasilan dari blogger. Lebih lengkapnya , mungkin bisa ditambahkan ke dalam artikel Bang ^^
    Sukses terus untuk bangopit.id.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih masukannya sangat membantu dan akan saya tambahkan sesegera mungkin, mas.

      Mas juga sukses terus untuk blognya

      Hapus

Peraturan Berkomentar
1. Jangan menggunakan kata-kata kotor dan kasar
2. Jangan menyertakan link dalam berkomentar
3. Jangan membahas keluar topik, jika keluar topik sebaiknya gunakan Contant Form yang disediakan
EmoticonEmoticon