Cara mengoptimasi SEO On Page pada konten blog - konten yang berkualitas adalah hal yang harus diperhatikan jika Anda seorang blogger, cara optimasi SEO terutama pada artikel atau konten yang harus di perhatikan, walaupun blog Anda rapi tapi jika kontennya tidak teroptimasi bagaimana ada yang baca. Jadi Anda harus belajar dulu cara optimasi SEO dalam konten blog sekarang juga, agar konten blog Anda masuk pada halaman terbaik Google (Halaman Pertama).

Selain optimasi seo on page ada juga cara optimasi seo off page tapi disini mimin akan bahas saja ke optimasi seo on page fukus dalam artikel/konten blog. Jika Anda ingin optimasi seo ini tapi tidak tau apa itu seo? silahkan baca dulu "Apa Itu SEO dan Manfaatnya".

Apa Itu SEO ?

SEO merupakan salah satu upaya optimal pada sebuah konten agar masuk halaman terbaik Google, yaitu halaman pertama penelusuran Google.

Dan seo juga terbagi dua macam diantaranya SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page merupakan pengoptimalan bagian dalam blog seperti: optimasi konten berkualitas atau mengoptimalkan keseluruhan blog. Sedangkan SEO Off Page merupakan optimasi bagian luar blog seperti: submit blog/artikel ke webmaster dan juga memasang backlink di blog orang lain.

Apa Manfaat SEO ?

Jika Anda sudah paham apa itu seo tanpa di jelaskan saja Anda sudah tau apa manfaat dari seo, banyak sekali manfaat jika Anda sudah menguasai teknik seo, contoh blog Anda akan mendatangkan trafik yang potensial dan akan meningkatkan Brand Awareness, dan masih banyak lagi manfaat dari seo itu.

Sekarang Anda tinggal ketahui apa saja yang harus di optimasi dalam artikel atau konten blog, berikut adalah 8 hal yang harus di optimasi dalam konten blog.

Optimasi SEO Dalam Artikel Yang Harus Dipelajari

kurang lebih ada 8 hal yang harus Anda pelajari dalam pengoptimalan konten blog dalam upaya masuk halaman pertama Google.

Sebelum membuat konten blog pastikan Anda sudah menganalisa persaingan keyword yang di bidik, untuk analisa atau riset keyword Anda bisa menggunkan tools gratisan yang bayak tersedia di internet, oke... lanjut ke 8 hal yang harus di optimasi dalam pembuatan konten blog.

Note: Catat hasil analisa kata kunci beserta persainganya, dan yang di catat bukan hanya kata kunci utama saja namun dengan kata kunci turunanya juga, dan jangan lupa juga kata kunci turunanya juga analisa persainganya.

1. Menggabungkan Beberapa Kata Kunci Dalam 1 Judul

Setelah riset kata kunci pastikan itu di catat di notepad beserta jumlah persainganya, gabungkan kata kunci yang sudah di analisa tersebut kemudian gabungkan menjadi 1 judul.

2. Penyebutan Kata Kunci Utama Pada Paragraf Awal

Seperti biasa di paragraf pertama dalam artikel yang dibuat isinya basa basi dulu, nah disini adalah kesempatan Anda untuk menybarkan kata kunci utama di paragraf pertama, sebarkan kata kunci utama di paragraf pertama tanpa menggangu pengunjung, jadi buat tulisan yang menarik dan enak di baca pengunjung namun mengandung kata kunci utama.

3. Lakukan Optimasi Pada Gambar

Gambar adalah pelengkap sebuah konten di blog, dalam konten sisipkan minimal satu gambar saja, dan perhatikan size gambarnya jangan lebih di 50kb, isi "title text"dan "alt text" dengan kata kunci, dan gunakan gambar yang bebas copyright (Saran, buat gambar sendiri seperti di blog BangOpit.ID).

4. Penyebutan Kata Kunci Sinonim

Seperti yang Anda ketahui sinonim adalah persamaan, dan setiap kata pasti memiliki persamaan, nah di dalam teknik seo ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menyebuktan kata kunci sinonim di dalam artikel. Kenapa harus memanfaatkan kata kunci sinonim?

Jadi, setiap pemikiran orang itu berbeda-berda contoh, si A search di google "cara membuat blog" si B  search di google "tutorial membuat blog" dan si C search di google "panduan membuat blog" nah persamanya disini adalah cara/tutorial/panduan jadi kita buat kata kunci sinonim yang bisa di sebutkan di dalam artikel.

5. Optimasi Tag Heading, Sub Heading dan Minor Heading

Heading bisa di ibaratkan sebagai kepala artikel, sedangkan sub heading adalah badannya, dan minor untuk ekornya. pengoptimasian ini sangat terpenting supaya konten lebih user-friendly dan mempercepat bot spider untuk merayapi isi konten Anda, contoh sederhana.

  • Cara membuat blog (Heading)
  • Alat dan bahan membuat blog (Sub Heading)
  • Laptop/PC, (Minor Heading)
  • Internet (Minor Heading)

6. Menyebarkan Semua Kata Kunci Turunan Dalam Artikel

Dalam ini konten juga Anda harus menyabarkan semua kata kunci/keyword turunan, tapi ingat jangan terlalu fokus terhadap penyabarakn kata kunci yang mengakibatkan isi konten gak enak di baca, Anda harus banyak belajar menulis artikel agar tidak kabisan kata kata saat menulis sehingga dapat menulis panjang plus menarik, enak di baca sehingga kata kunci yang tersebar dalam konten tidak mengganggu pembaca.

kenapa kata kunci bisa mengganggu pembaca?

ya banyakan saja Anda membaca artikel terus banyak kata atau kalimat yang di ulang-ulang pasti hal itu sangat menggangu saat pembaca!.

7. Optimasi Deskripsi Penelusuran

Siapa ayo yang suka lupa mengisi deskripsi penelusuran, deskripsi penelusuran wajib diisi untuk menambah nilai plus pada konten yang kita publikasikan. Isi kolom deskripsi penelusuran dengan kata kunci utama dan turunan, tapi jangan terlalu panjang, isi 140 - 160 karakter, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih agar tidak membuat mesin pencari mudeng.

8. Optimasi Permalink

Optimasi ini bisa disebut optimasi terakhir, yaitu optimasi permalink atau meruba link dari konten yang dibuat. Contoh:

Saya memiliki artikel yang berjudul "Cara Membuat Blog Gratis Sampai Mengasilkan Uang".

Tautan otomatis akan muncul "https://bangopit.id/06/04/cara-membuat-blog-gratis-sampai.html".

Nah! Itu adalah contoh permalink yang kurang bagus, contoh link yang bagus harus di optimasi dengan cara mengeditnya menjadi seperti ini "https://bangopit.id/06/04/cara-membuat-blog.html".

Nah itu link yang baik yang sudah teroptimasi dan kemudian siap di publikasikan.

Baca Juga: Belajar SEO Blogger Untuk Pemula Masuk Halaman 1 Google

Penutup

Itulah 8 hal yang harus di optimasi dalam membuat konten seo di blog, lumbayan banyak kan? tapi itu adalah demi upaya agar artikel Anda layak di masuk halaman pertama Google.

Sekian dan terima kasih, semoga mendaftarkan banyak manfaat dari artikel yang dibaca ini.

Penulis: Marzep.Com

4 Komentar

Peraturan Berkomentar
1. Jangan menggunakan kata-kata kotor dan kasar
2. Jangan menyertakan link dalam berkomentar
3. Jangan membahas keluar topik, jika keluar topik sebaiknya gunakan Contant Form yang disediakan

  1. bang bikin tutor tampilan grid macam blog ini dong . . hhe

    BalasHapus
  2. Nice info, beberapa sudah saya praktekan, ada hal yang baru juga. Biasanya pake bantuan yoast plugin

    BalasHapus

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar
1. Jangan menggunakan kata-kata kotor dan kasar
2. Jangan menyertakan link dalam berkomentar
3. Jangan membahas keluar topik, jika keluar topik sebaiknya gunakan Contant Form yang disediakan

Lebih baru Lebih lama