Pentingnya Mengetahui Beberapa Kesalahan Saat Menangani Luka Bakar

Disamping menggunakan obat luka bakar, sering kali diantara kita masih banyak yang melakukan kesalahan dalam proses penanganan luka bakar pertama kalinya. Padahal, kesalahan penanganan dapat berdampak buruk pada luka yang berujung pada proses penyembuhan luka yang berjalan lebih lama. Berikut ini beberapa kesalahan yang perlu diwaspadai saat menangani luka bakar untuk pertama kalinya tapi sebelumnya jangan lupa untuk selalu membaca artikel salep untuk Luka lama sembuh dari guesehat.com

Memindahkan korban dari mobil ketempat lain

Luka bakar yang terjadi saat kecelakaan mobil perlu mendapatkan penanganan pertama yang tepat. Sebab, salah langkah penanganan bisa mengakibatkan luka lebih lama sembuh atau yang terparah bisa menyebabkan terjadinya amputasi. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah proses pemindahan korban dari mobil ke tempat yang lainnya.

Pemindahan korban dari mobil ke tempat lainnya berpotensi menyebabkan luka jadi semakin parah. Sebab, adanya gesekan pada luka selama proses pemindahan bisa menyebabkan luka semakin bertambah parah. Akan tetapi, apabila potensi kebakaran bisa terjadi setelah kecelakaan, maka pemindahan korban jadi hal yang wajib untuk meminimalisir kondisi terburuk. 

Memberikan terapi panas

Luka bakar sering kali tidak hanya memberikan rasa nyeri dan panas saja pada area sekitar luka tersebut. Seringkali, terdapat pula efek samping lainnya yang terjadi seperti pembengkakan pada area sekitar luka. Kondisi inilah yang sering kali salah disikapi dalam menentukan langkah penanganan yang tepat.

Seringkali, saat muncul pembengkakan pada area sekitar luka kita berusaha untuk memberikan terapi panas. Terapi panas dianggap bisa meredakan pembengkakan dan keseleo akibat luka tersebut. Padahal, cara ini justru dapat menyebabkan penyembuhan luka jadi semakin lama. Apabila terjadi otot yang tegang atau pembengkakan, sebaiknya kompres area tersebut dengan menggunakan es batu. Sehingga, rasa nyeri akibat luka bakar bisa teratasi sekaligus menyembuhkan otot yang bermasalah.

Disamping memperhatikan beberapa kesalahan yang tidak boleh dilakukan, ada baiknya juga kita selalu membaca info kesehatan terpercaya untuk mengetahui berbagai hal seputar dunia kesehatan dan mempersiapkan salep hemolok gel di rumah. Semoga bermanfaat.