Seberapa Penting Sih SSL Bagi Keamanan Website? - Bangopit
Salah satu cara meningkatkan kredibilitas website adalah dengan cara menciptakan lingkungan yang aman, di mana calon pelanggan tersebut merasa percaya dengan website Anda.

SSL merupakan jawaban Anda untuk menciptakan kepercayaan tersebut. Yakni dengan menjaga privasi pelanggan. Biasanya SSL digunakan untuk mengamankan data sign up, login, transaksi kartu kredit dan tranfer data.

Apa Itu SSL?

Sertifikat SSL ataupun yang lebih dikenal SSL merupakan kependekan dari Secure Socket Layer. SSL berguna sebagai jalur terenkripsi ketika terjadi pertukaran data antara website dan web browser.

Cara paling mudah untuk mengetahui website sudah menggunakan SSL atau tidak adalah, jika alamat website menjadi HTTPS, maka website tersebut memakai SSL. Selain itu, muncul tanda gembok warna hijau di address bar browser dan ketika di klik akan memunculkan informasi jenis SSL, teknologi enkripsi dan pemilik website.

Apa Fungsi SSL?

Secara luas fungsi SSL adalah menyediakan jalur terenkripsi di jaringan internet. Berikut beberapa fungsi penting SSL bagi website :

1. Meningkatkan Kredibilitas Website

Saat sedang asik browsing dan menemukan website yang masih menggunakan protokol HTTP, maka secara otomatis Google akan menampilkan peringatan Your Connection is Not Secure. Artinya, website tersebut kemungkinan tidak memiliki sertifikat yang valid dan kuat untuk melindungi privasi Anda.

Dan tentunya jika calon pelanggan menemukan pesan Your Connection is Not Secure pada website Anda, calon pelanggan akan meragukan kredibilitas website. Sadar atau tidak, Google sendiri juga akan ikut menyisihkan website Anda di halaman index-nya karena dianggap website tidak aman.

2. Meningkatkan Kualitas SEO

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Google akan menyisihkan website Anda. Sejak 2014, Google memperbaruhi algoritma yang mengutamakan website dengan SSL dibandingkan website tanpa SSL di halaman index-nya.

Artinya, website yang tidak menggunakan SSL berpeluang untuk dihilangkan Google di halaman index-nya dan peluang dijangkau oleh calon pelanggan akan semakin kecil.

Akan tetapi jika memakai SSL, website Anda akan aman dari algoritma Google tersebut. Pemasangan SSL di website juga berpengaruh positif terhadap kualitas SEO Anda. Walaupun dampaknya tidak terlalu besar, tentunya lebih baik jika Anda memasang SSL.

Jenis SSL

Sebelum membeli SSL untuk website, kenali dulu beberapa jenis SSL berikut ini supaya tidak salah membeli.

1. Domain Validated SSL

Domain Validated SSL (DV SSL) sangat direkomendasikan bagi bisnis berkembang, namun tidak direkomendasikan untuk e-commerce.

Bagi bisnis berkembang tentu harus pandai mengatur keuangan. Nah, karena DV SSL harganya yang terjangkau, ini sangat cocok bagi bisnis berkembang. Untuk memasangnya pun hanya memerlukan validasi DNS atau email. Setelah itu, akan muncul HTTPS dan gembok warna hijau ketika mengakses website.

2. Organization Validated SSL

Organization Validated SSL (OV SSL) sebenarnya sama dengan DV SSL, yang membedakannya adalah di bagian verifikasinya. OV SSL membutuhkan syarat verifikasi sedikit lebih banyak, yakni bukti kepemilikan dan legitimasi domain. Hal ini akan digunakan oleh penerbit sertifikat untuk memastikan bahwa domain tersebut telah terdaftar dengan informasi nama bisnis, lokasi, dan informasi lainnya.

Penggunaan OV SSL banyak ditemui pada website perusahaan agar tampak aman dan meyakinkan. Cara mengetahui OV SSL sudah aktif adalah dengan mengecek website sudah muncul HTTPS dan gembok warna hijau, jika muncul berarti sudah aktif.

3. Extended Validated SSL

Extended Validates (EV SSL) memiliki tingkat keamanan yang tinggi dibandingkan kedua SSL yang sudah dibahas di atas. EV SSL sangat direkomedasikan bagi bisnis online yang membutuhkan data nama, lokasi, dan kartu kredit seperti website e-commerce.

Syarat menverifikasi tentu lebih banyak dan lengkap dibandingkan OV SSL. Yakni mengharuskan pemilik domain untuk menverifikasi kepemilikan domain dengan beberapa dokumen legal. SSL jenis ini biasa digunakan badan usaha terpercaya seperti PT, CV dan Departemen Negara.

Ciri website yang menggunakan EV SSL adalah muncul nama perusahaan warna hijau pada address bar disebelah kiri nama domain.

Untuk memudahkan Anda memahami penampilan setelah menggunakan salah satu jenis SSL di atas, Anda bisa melihat gambar di bawah.

Jenis SSL - Bangopit

Bagaimana Cara Kerja SSL?

SSL memiliki dua kombinasi yang saling berkaitan, yakni public key dan private key. Public key bekerja untuk mengenkripsi data yang dikirim klien ke server, sementara private key bekerja untuk mendekripsi data dari klien ke format yang dapat dimengerti oleh server.

Sehingga ketika sedang berlangsung pertukaran data antara klien dan server, disaat itu juga SSL bekerja mengenkripsi dan mencegah pihak ketiga untuk masuk dan mencuri data tersebut.

Agar memudahkan Anda memahami cara kerja SSL, silakan melihat gambar di bawah
Bagaimana Cara Kerja SSL? - Bangopit

Kesimpulan

SSL Certificate adalah sebuah file data digital yang secara otomatis membuat suatu website terenkripsi sehingga data atau privasi  pelanggan aman dari pencurian. Apabila website tersebut menggunakan SSL, ditandai dengan berubahnya protokol HTTP menjadi HTTPS dan muncul gembok warna hijau.

Jadi, SSL berperan sangat penting bagi keamanan website. Selain untuk mencegah pencurian data dari pihak ketiga, SSL juga berguna untuk meningkatkan kredibilitas serta berdampak baik bagi kualitas SEO website Anda.

2 Komentar

Peraturan Berkomentar
1. Jangan menggunakan kata-kata kotor dan kasar
2. Jangan menyertakan link dalam berkomentar
3. Jangan membahas keluar topik, jika keluar topik sebaiknya gunakan Contant Form yang disediakan

  1. bang, mohon info bagaimana cara membuat tombol share jadi sticky sperti di blog igniel ?
    maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah... saya juga lagi nyari cara tersebut, kemarin koding sendiri masih belum jadi

      Hapus

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar
1. Jangan menggunakan kata-kata kotor dan kasar
2. Jangan menyertakan link dalam berkomentar
3. Jangan membahas keluar topik, jika keluar topik sebaiknya gunakan Contant Form yang disediakan

Lebih baru Lebih lama