Seluk Beluk Pengobatan Diabetes Mellitus
Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Namun jika glukosa menumpuk karena tidak terserap oleh tubuh dengan baik akan mengakibatkan berbagai gangguan organ tubuh. Salah satunya adalah diabetes. Diabetes termasuk penyakit yang berlangsung lama atau kronis yang ditandai dengan kadar gula yang tinggi atau diatas normal. Jika diabetes tidak terkontrol dengan baik maka akan mengakibatkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Pasien diabetes diharuskan untuk mengatur pola makan dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur, protein dari biji-bijian serta makanan rendah kalori dan lemak. Selain itu terapkan pola makan sehat dan melakukan olahraga secara teratur. Namun, terkadang tidak hanya dengan melakukan itu semua. Pasien diabetes juga membutuhkan bantuan obat-obatan . Tujuannya adalah mempertahankan keseimbangan kadar gula darah dan meminimalisasi risiko komplikasi.

Salah satu contoh penyakit komplikasi diabetes adalah gastroparesis. Merupakan gangguan progresif yang menyebabkan makanan tetap tinggal di perut lebih lama dari waktu biasanya. Gastroparesis sulit untuk didiagnosa dan seringkali tidak terdeteksi pada penderita. Namun, ada beberapa gejala yang bisa mengarah pada gastroparesis.  Yaitu maag kronis atau mual. Untuk itu penderita bisa minum obat mual muntah terpercaya resep dokter.

Ada beberapa jenis obat yang sering dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dan salah satunya adalah metformin. Adalah obat yang digunakan untuk mengontrol gula darah tinggi. Sama seperti obat yang lainnya, metformin juga memiliki efek samping dalam penggunaan jangka panjang. Yaitu asidosi laktat dan kekurangan vitamin B12.

Penderita diabetes juga harus menjaga dirinya jangan sampai terluka. Karena luka diabetes memiliki masa penyembuhan yang lebih lama dibandingkan dengan luka orang sehat. Bahkan jika tidak ditangani dengan tepat, maka luka tersebut akan lebih besar dan menyebar. Berikut cara mengobati luka pada pasien diabetes.

1. Segera obati

Segera lakukan perawatan, itulah hal terbaik yang dilakukan penderita ketika terluka. Langkah pertama bersihkan luka dari kotoran dengan air yang mengalir. Setelah itu keringkan dan langsung oleskan salep antibiotik.

2. Kurangi tekanan pada luka
3. Perhatikan tanda-tanda infeksi

Jika terjadi gejala rasa sakit, kemerahan, atau terasa hangat. Maka luka penderita mengalami infeksi.

4. Hubungi dokter

Jika luka tidak membaik selama 48 jam. Maka segera periksakan ke dokter.

Itulah beberapa informasi tentang diabetes. Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap lakukan cara hidup sehat dan rajin olahraga.

Tinggalkan Komentar

Peraturan Berkomentar
1. Jangan menggunakan kata-kata kotor dan kasar
2. Jangan menyertakan link dalam berkomentar
3. Jangan membahas keluar topik, jika keluar topik sebaiknya gunakan Contant Form yang disediakan

Lebih baru Lebih lama