Cara Memasang Tombol Tepuk Tangan di Blogger

Bila biasanya dalam sebuah blog di Blogger hanya memasang tombol share atau share button. Kali ini saya akan membagikan cara memasang tombol tepuk tangan atau biasa disebut applause button di postingan Blogger.

Memasang tombol tersebut ternyata memiliki keuntungan, yaitu dapat menunjukkan seberapa bagus dan berguna postingan yang dipublikasikan. Selain itu, memasangnya juga dapat dimanfaatkan sebagai patokan pembayaran untuk penulis yang menulis di blog Sobat.

Salah satu yang menerapkan cara tersebut ialah Medium, yaitu sebuah platform untuk menyalurkan ide dalam bentuk tulisan. Penulis di Medium dibayar sesuai dengan lama membaca dan jumlah tepuk tangan yang diperoleh.

Jadi, jika Sobat membuka loker (lowongan pekerjaan) menulis di blog Sobat dan memperoleh bayaran. Maka cara Medium membayar penulisnya sesuai jumlah applause buttom dapat Sobat terapkan.

Jika Sobat ingin memasang applause button hanya untuk memperkeren blog, juga dapat memasang tombol ini.

Cara Memasang Tombol Tepuk Tangan atau Applause Button

Sebelum memulai, pastikan membackup template terlebih dahulu.

1. Masuk ke akun Blogger.
2. Pilih menu Template > Edit HTML.
3. Setelah itu, cari kode </head>, lalu tempelkan kode di bawah ini tepat di atasnya.
<link href='https://cdn.statically.io/gh/shofisetiawan/bangopit-applause-button/8ce883e7/bangopit-applause-button.css' rel='stylesheet'/>

4. Kemudian, cari kode </body>, lalu tempelkan kode di bawah ini tepat di atasnya.
<script src='https://cdn.statically.io/gh/shofisetiawan/bangopit-applause-button/8ce883e7/bangopit-applause-button.js'></script>

5. Terakhir, tempel kode di bawah di tempat yang Sobat inginkan. Selesai.
<applause-button style='width:58px;height:58px;'/>
Jika Sobat ingin menampilkan tombol tepuk tangan di dekat tombol share, maka tempelkan kode di atas di class tombol share.

Sobat yang ingin menyesuaikan applause button ini, berikut ini panduannya:

  • Merubah ukuran tombol : Sobat tinggal merubah angka 58 yang saya tandai di atas. Saat merubah ukuran, pastikan angka di width dan height sama.
  • Merubah warna tombol : Sobat tinggal menambah kode color='namawarna', contohnya <applause-button color='red' style='width:58px;height:58px;'/>
  • Merubah jumlah tepuk tangan setiap pembaca, maksudnya ialah secara default tombol ini hanya bisa di klik 1x oleh setiap pembaca. Jika Sobat ingin membuat banyak klik, maka tambahkan saja multiclap='true', contohnya <applause-button multiclap='true' style='width:58px;height:58px;'/>


Masih kurang paham? Sobat dapat melihat dokumentasinya di link ini. Demikian tutorial memasang tombol tepuk tangan atau applause button di Blogger. Semoga bermanfaat.