Mengenal Tentang Akun DJP dan Manfaatnya untuk Wajib Pajak

Mengenal Tentang Akun DJP dan Manfaatnya untuk Wajib Pajak
DJP online adalah sebuah layanan daring yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk memudahkan wajib pajak. DJP sendiri memiliki peran sebagai pemegang otoritas pajak negara. Adanya DJP online pun merupakan salah satu upaya mereka untuk menyempurnakan sistem administrasi perpajakan yang ada di Indonesia. Dengan begitu tidak ada alasan untuk menunda-nunda urusan perpajakan karena menganggapnya sebagai hal yang rumit.

Dibuatnya DJP online ini juga merupakan salah satu upaya pihak DJP untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dengan adanya DJP online, diharapkan seluruh wajib pajak dapat melakukan pelaporan pajak atau urusan perpajakan lainnya secara lebih taat dan tepat waktu. Pasalnya, layanan DJP online ini dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui smartphone maupun komputer. Jadi, se sibuk apa pun Anda, pasti akan selalu sempat untuk mengakses layanan ini.

Apa Itu Akun DJP Online?

Untuk memudahkan dalam menyelesaikan urusan perpajakan, maka kita perlu membuat akun DJP online. Akun ini nantinya akan sangat berguna untuk berbagai urusan perpajakan. Mulai dari pelaporan pajak, mengecek profil wajib pajak, dan berbagai layanan administrasi lainnya. Namun, untuk membuat akun DJP, Anda harus mendapatkan nomor identitas wajib pajak atau EFIN terlebih dahulu kepada DJP. Untuk mengajukan EFIN ini, bisa dilakukan secara online atau bisa datang langsung ke kantor pajak dan tidak boleh diwakilkan oleh siapa pun.

Setelah mendapatkan nomor EFIN, maka Anda bisa langsung melakukan registrasi pembuatan akun DJP di https://djponline.pajak.go.id/account/loginpajak. Saat registrasi, Anda akan diminta untuk mengisi biodata diri Anda. Perlu diperhatikan bahwa data yang dimasukkan harus akurat dan sesuai dengan kenyataan. Pasalnya, data tersebut akan digunakan untuk urusan administrasi perpajakan.

Manfaat Akun DJP bagi Wajib Pajak

Kepemilikan akun DJP oleh wajib pajak merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat. Nah, berikut ini beberapa manfaat akun DJP online bagi wajib pajak.
  • Wajib pajak dapat melakukan pembayaran dan pelaporan perpajakan secara tepat waktu. Pasalnya mereka akan mengirimkan email pengingat kepada wajib pajak.
  • Mempermudah wajib pajak dalam mengawasi dan mengecek status pelaporan pajak.
  • Menyediakan pelaporan SPT untuk semua jenis pajak.
  • Lebih praktis dan terintegrasi dengan berbagai macam layanan perpajakan.
  • Memberikan kenyamanan dan keamanan data wajib pajak. Sehingga, kita tak perlu khawatir kalau data pribadi akan terpublikasi.

Meski sudah punya akun DJP online tak memungkiri kita kerap kali melupakan urusan perpajakan. Oleh karenanya kita harus memiliki pengingat agar kita tidak terlambat dalam mengurusi pajak. Untuk itu kita memerlukan aplikasi BukuKas yang dapat mencatat keuangan Anda secara rinci dan maksimal.

Aplikasi buku kas yang satu ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna dan selalu mendapatkan penilaian terbaik. Jadi, bagi pelaku bisnis UMKM atau yang lainnya, penting sekali untuk mengunduh aplikasi BukuKas di smartphone. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung kunjungi https://www.bukukas.co.id