Tips Mencuci Praktis Bikin Baju Wangi

Tips Mencuci Praktis Bikin Baju Wangi

Terkadang noda-noda atau berbagai hal lain membuat pakaian tidak wangi setelah dicuci. Berikut beberapa tips seputar mencuci agar pakaian bisa bersih dan wangi.

1. Menggunakan Obat Kumur untuk Membersihkan Mesin Cuci

Kehadiran mesin cuci di rumah memang memudahkan seluruh proses mencuci pakaian. Biarpun serba otomatis dan praktis, mesin cuci perlu untuk dibersihkan dari segala residu kotoran pakaian.

Bila dibiarkan, kotoran yang menumpuk pun bisa merusak pakaian bahkan mesin cuci yang dimiliki di rumah.

Umumnya orang akan membeli sabun khusus untuk membersihkan mesin cuci tersebut. Ada bahan lain ternyata yang bisa kamu manfaatkan yaitu, obat kumur alias mouthwash. Caranya menggunakan mouthwash untuk membersihkan mesin cuci ialah:

  • Isi mesin cuci dengan air hingga ½ penuh;
  • Tuangkan mouthwash sebanyak ½ gelas ke dalam tempat memasukkan sabun cuci;
  • Putar mesin cuci selama 15 meni atau gunakan mode cleaning;
  • Kuras air dari mesin cuci.

Jamur, gumpalan kotoran, hingga bakteri jahat pun akan sirna berkat tips mencuci praktis satu ini.

2. Gunakan Tas Khusus untuk Mencuci Kaos Kaki

Banyak orang yang masih mencuci kaos kaki mereka dengan tangan. Alasannya, karena jumlahnya yang sedikit dan ukurannya yang begitu kecil. Selain sayang energi listrik, kaos kaki pun kerap tercecer sehingga sulit ditemukan setelah dicuci.

Nah, buat kamu yang ingin mencuci kaos kaki menggunakan mesin cuci, cukup membeli sebuah tas khusus untuk kaos kaki yang dapat dicuci.

3. Cuci Kaos Kaki dengan Air Dingin

Air panas tidak selamanya dapat membantu membersihkan dan mengusir kuman pakaian yang super kotor. Justru saat kamu akan mencuci kaos kaki kotor, disarankan untuk menggunakan air dingin.

Mengapa demikian? Sebab kotoran yang bersamayam di kaos kaki bersumber dari keringat. Keringat tersebut memiliki kandungan protein yang tidak dapat dihancurkan dengan air panas.

Jadi, mulai sekarang cucilah kaos kaki kotor dengan menggunakan air dingin dan sabun ya, Sahabat 99!

4. Masukkan Aspirin untuk Memutihkan Pakaian

Meski keren dipakai, baju warna putih adalah musuh karena mudah kotor dan menguning jika dicuci berulang. Biarpun telah menggunakan pemutih pakaian, perubahan warnanya pun tidak dapat dicegah. Terlalu sering memakainya pun bisa menyebabkan pakaian jadi lebih mudah belel.

Nah, ada cara lain ternyata yang bisa kamu andalkan untuk memutihkan baju tanpa harus khawatir merusaknya. Caranya ialah menggunakan aspirin alias obat penahan rasa sakit.

Aspirin memiliki kandungan salicylic acid sehingga dapat membantu memutihkan baju. Kamu cukup memasukkan beberapa butir aspirin ke dalam mesin cuci saat akan mencuci pakaian putih. Noda kotor dan warna kuning pun akan sirna berkatnya.

6. Jangan Terlalu Lama Mengeringkan Pakaian

Mesin cuci masa kini sudah dilengkapi dengan pengering (dryer) sehingga pakaian tidak perlu dijemur lagi. Buat kamu yang punya mesin cuci dengan pengering seperti itu, jangan terlalu lama dalam menggunakannya. Lebih baik ikuti instruksi pemakaian sehingga bisa menghemat listrik dan juga tak merusak pakaian.

7. Manfaatkan Sampo Bayi untuk Baju yang Menyusut

Beberapa jenis pakaian bisa mengalami penyusutan ukuran saat dicuci terus-menerus, lho! Daripada tak bisa dipakai lagi, perbaiki kondisinya dengan tips mencuci praktis ini.

  • Gunakanlah sampo atau conditioner khusus bayi untuk mengembalikan baju seperti sedia kala;
  • Siapkan air hangat di dalam tabung mesin cuci atau ember, kemudian tuangkan sampo bayi ke dalamnya secukupnya;
  • Rendam baju yang menyusut selama 10-15 menit;
  • Angkat baju dan keringkan menggunakan handuk hingga kadar airnya sedikit berkurang;
  • Jemur baju dengan posisi horizontal lalu biarkan hingga benar-benar mengering.

Bahan yang lembut di dalam sampo dan conditioner bayi, akan meratakan serat pakaian sehingga bisa mengembalikan ukurannya.

8. Pakai Handuk untuk Mempercepat Pengeringan Pakaian

Buat kamu yang tidak punya pengering mesin cuci, bisa menggunakan handuk untuk membantunya cepat kering.

Siapkan beberapa buah handuk kecil dan sisipkan di antara tiap pakaian yang tengah dijemur. Kamu juga bisa membungkus baju-baju yang masih lembap dengan handuk lalu diamkan di dalam mesin cuci agar cepat kering.

Kamu juga bisamenggunakan pewangi pakaian agar pakaian selalu wangi dan segar. Kamu bisa menggunakan pewangi pakaian royale soklin, seperti dilansir pada https://www.royalebysoklin.com/pewangi-pakaian-dan-hijab/

Bahwa pewangi ini cocok untuk pakaian juga hijab yang akan membuat pakaian wangi tahan lama sepanjang hari. So klin royale parfume collection memiliki berbagai varian aroma yang memiliki kesegaran khas parfum mewah sehingga pakaian akan selalu wangi sepanjang hari.